UDiNus Repository

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN JOB ORDER COSTING METHOD GUNA MENINGKATKAN AKURASI LABA PADA PERUSAHAAN MEBEL UD. CIPTA JAYA DEMAK

RIZAL, MAULANA (2015) PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN JOB ORDER COSTING METHOD GUNA MENINGKATKAN AKURASI LABA PADA PERUSAHAAN MEBEL UD. CIPTA JAYA DEMAK. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (150Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi penentuan harga pokok produksi pada UD. Cipta Jaya Demak dengan metode pesanan (job order costing method) berdasarkan data-data biaya produksi pada bulan Maret 2015. Perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan, biasanya akan menentukkan harga pokok produksi di muka ketika ada pesanan yang masuk dari konsumen. Penentuan harga pokok produksi di muka tersebut digunakan agar perusahaan dapat menentukan laba yang diharapkan manajemen ketika terjadi proses tawar menawar dengan konsumen. Hasil penelitian menemukan bukti bahwa dalam perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan untuk pesanan kusen yaitu sebesar Rp. 1.545.000,- dan produk pintu sebesar Rp. 2.905.000,- dengan pengambilan keuntungan sebesar 10% untuk setiap produk. Sedangkan perhitungan harga pokok produksi dengan metode job order costing untuk produk kusen yaitu sebesar Rp. 1.435.347,- dan produk pintu sebesar Rp. 2.883.700,- dengan pengambilan keuntungan untuk produk kusen sebesar 18% dan produk pintu sebesar 12%. Berdasarkan hasil analisis adanya perbedaan perhitungan harga pokok produksi antara perhitungan perusahaan dengan metode job order costing disebabkan karena perusahaan tidak mengidentifikasi secara rinci biaya overhead, sehingga harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan menjadi terlalu tinggi. Sebaiknya perusahaan menggunakan metode job order costing, dengan metode job order costing perhitungan harga pokok produksi lebih akurat maka memungkinkan perusahaan untuk menurunkan harga pokok produksi agar harga jual suatu produk dapat menjadi lebih rendah. Hal ini untuk mendorong perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17255

      Actions (login required)

      View Item