UDiNus Repository

Analisis Profitabilitas, Free Cash Flow, Likuiditas dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013)

DEDY, WIDIANTO (2015) Analisis Profitabilitas, Free Cash Flow, Likuiditas dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (497Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3889b) | Preview

      Abstract

      Dalam berinfestasi saham, pemegang saham sebagai investor mengharapkan imbal hasil yang besar. Akan tetapi dividen yang akan dibagikan sangat bergantung pada kebijakan perusahaan. Kebijakan dividen dalam perusahaan tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen antara lain profitabilitas, free cash flow, likuiditas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan tentang pengaruh profitabilitas, free cash flow, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen. Secara keseluruhan penelitian ini tertuju pada perusahaan perdagangan dan jasa. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2013. Dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 90 perusahaan yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian, dan diolah menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Sementara variabel free cash flow berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 12,5 % dipengaruhi oleh variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan sisanya 87,5% dijelaskan oleh fakto-faktor lain yang dapat mempengaruhi kebijkan dividen

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17259

      Actions (login required)

      View Item