UDiNus Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA DI SEMARANG

BAGAS, NUVRIANTO (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (163Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3812b) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi. Metode dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, digunakan untuk melihat bagaimana pengaruh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari 3 universitas besar yang progam studi akuntansi nya terakreditasi B, angkatan tahun 2012 yang berjumlah 948 mahasiswa yang terdiri dari 238 mahasiswa akuntansi UDINUS, 183 mahasiswa akuntansi UNISBANK dan 527 mahasiswa akuntansi USM Semester 7 (ganjil). Sumber: (Universitas masing-masing). Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa 1) Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, hal ini terbukti dari nilai Sig. (pvalue) = 0,027 < 0,05 dan thitung (2,251) > ttabel (1,987) sehingga hipotesis 1 dapat diterima. 2)Kecerdasan spiritual mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, hal ini terbukti dari nilai Sig. (pvalue) = 0,007 < 0,05 dan thitung (2,755) > ttabel (1,987) sehingga hipotesis 2 dapat diterima.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17267

      Actions (login required)

      View Item