UDiNus Repository

PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE TAHUN 2010-2013).

ARIEFATUN, SETYANI IKE (2015) PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE TAHUN 2010-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (365Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3927b) | Preview

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh ukuran dewan komisaris ,dewan direksi serta ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan sebagai variabel dependen sedangkan, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen. Sampel terdiri dari 17 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menyerahkan laporan keuangan ke Bapepam konsisten pada periode 2010-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan merupakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh ukuran dewan komisaris, dewan direksi, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sebagai hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan atau ROA. Sementara dewan direksi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan atau ROA.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17290

      Actions (login required)

      View Item