Wijaya, Ekaprana and Sari, Yunita Kemala and Kartikadarma, Etika (2012) GAME KEBUDAYAAN SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PELESTARIAN KEBUDAYAAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN. Semantik 2012. pp. 522-525. ISSN 979 - 26 - 0255 - 0
PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3252Kb) | Request a copy |
Abstract
Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa adalah penerus tradisi budaya Indonesia juga. Namun, pengaruh budaya asing yang semakin gencar, membuat generasi muda tidak tertarik untuk mempelajari budaya tradisional, bahkan sedikit demi sedikit telah menjauhi dan mulai melupakan budaya tradisional bangsa. Berkurangnya minat genarasi muda dalam hal ini generasi muda untuk mempelajari budaya juga karena belum adanya media belajar budaya yang menarik. Materi ajar tentang budaya masih didominasi dalam bentuk media cetak yang membutuhkan minat baca tinggi pada generasi muda. Manfaat lain adalah aspek kecerdasan dan reflek saraf yang sebenarnya juga sedikit banyak terasah dalam sebuah game, terutama game yang bersifat kompetitif. Dengan belajar melalui visualisasi yang menarik, diharapkan semangat untuk belajar tentang budaya akan lebih termotivasi. Adapun beberapa tujuan dibuatnya Game Kebudayaan sebagai Salah Satu Bentuk Pelestarian Kebudayaan dan Media Pembelajaran ini adalah terwujudnya sebuah game yang digunakan sebagai media belajar budaya yang menarik dan menyenangkan untuk menumbuhkan rasa kecintaan, rasa menghargai dan rasa ikut memiliki dan bangga terhadap kekayaan budaya bangsa sendiri sejak dini, melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.serta melatih syaraf sensorik anak, karena user memerlukan keterampilan memainkan keyboard dan mouse dalam memainkan game virtual kebudayaan ini. Kata kunci : Multimedia, Game, Budaya
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Mr Imanuel Harkespan |
Date Deposited: | 03 Jul 2012 13:13 |
Last Modified: | 01 Mar 2013 16:51 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/173 |
Actions (login required)
View Item |