UDiNus Repository

ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA KELURAHAN BERINGIN DAN KELURAHAN NGALIYAN KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG TAHUN 2015

RINGGA, MARTANDIYA ANDIKA (2015) ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA KELURAHAN BERINGIN DAN KELURAHAN NGALIYAN KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (249Kb) | Preview
    [img] PDF
    Download (4Kb)

      Abstract

      Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi penyebab gangguan dan ketidakseimbangan lingkungan. Dari hasil wawancara dengan pekerja pengangkut sampah di Perumahan Permata Puri Semarang, sampah yang berada di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tersebut sudah tidak diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sedangkan hasil wawancara dengan pekerja pengangkut sampah Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang, sampah selalu diangkut ke TPA dengan pengangkutan yang dilakukan setiap hari. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan sampah di TPS Kelurahan Beringin dan Kelurahan Ngaliyan Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek yang di pakai dalam penelitian ini adalah petugas pengangkut sampah di Kelurahan Beringin dan Kelurahan Ngaliyan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah metode perbandingan tetap. Hasil penelitian pengelolaan sampah di TPS, Kelurahan Ngaliyan lebih baik dibandingkan Kelurahan Beringin pada beberapa aspek yaitu kondisi TPS, pengelolaan sampah di TPS, penggunaan alat pelindung diri, frekuensi pengangkutan sampah dari TPS ke TPA dan volume maksimal sampah yang dapat di tampung TPS. Untuk aspek ketersediaan tong sampah, kondisi tong sampah, anggaran pengelolaan sampah dan alat pengangkutan sampah di Kelurahan Beringin dan Kelurahan Ngaliyan dalam kondisi yang baik karena sudah sesuai dengan SNI No.19-2454-2002. Pengelola TPS di Kelurahan Beringin diharapkan lebih memperhatikan proses pengelolaan sampah, agar sampah yang berada di TPS rutin diangkut ke TPA, hal tersebut diharapkan supaya meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan dan warga yang tinggal berdeatan dengan TPS.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17345

      Actions (login required)

      View Item