UDiNus Repository

TINJAUAN PENGETAHUAN DOKTER RAWAT INAP DALAM KELENGKAPAN PENGISIAN FORMULIR RM.11 (RESUME KELUAR) DI RSUD BREBES TAHUN 2015

RATNA, PUSPITASARI (2015) TINJAUAN PENGETAHUAN DOKTER RAWAT INAP DALAM KELENGKAPAN PENGISIAN FORMULIR RM.11 (RESUME KELUAR) DI RSUD BREBES TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (349Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Diperlukan adanya pengendalian terhadap pengisian dokumen rekam medis sebagai syarat penangguhan biaya klaim asuransi dan juga sebagai syarat akreditas. Di RSUD Brebes. Kegiatan pengendalian dokumen rekam medis ini seharusnya dilakukan oleh bagian assembling, tetapi di RSUD Brebes tidak di terapkan adanya assembling. Kegiatan assembling di RSUD Brebes pada kenyataannya belum diterapkan, namun kegiatan tersebut tercantum pada Standar Operasional Prosedur (SOP) rumah sakit. Akibatnya dari 10 DRM yang dijadikan sample, 80% DRM pada formulir RM.11 (Resume Keluar) pengisiannya belum lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dokter rawat inap dalam pengisian formulir RM.11. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode observasi dan pendekatan cross-sectional. Total sampel sebanyak 16 dokter rawat inap menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sebagian besar dokter berumur 30-39 tahun (43,75%), berpendidikan S2 Kedokteran Spesialis (75%) dan S1 Kedokteran (25%) serta dengan masa kerja 0-5 thun (43,75%). Tingkat pengetahuan dokter yang masih kurang, hal ini di buktikan dari responden belum mampu menjelaskan secara tepat dan menjabarkan alasan mengapa formulir tersebut harus terisi secara lengkap. Pengetahuan responden pada tingkat memahami masih kurang, sehingga perlu adanya penjelasan dalam bentuk sosialisasi yang tertulis dalam protap mengenai pentingnya dari kelengkapan pengisian RM.11(Resume Keluar).

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17350

      Actions (login required)

      View Item