UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN NGALIYAN KELURAHAN BERINGIN KOTA SEMARANG 2015

AHMAD, NU'MAN NAQI (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN NGALIYAN KELURAHAN BERINGIN KOTA SEMARANG 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (163Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sampah merupakan salahsatu persoalan yang dihadap ioleh masyarakat dan pengelola kota, terutam adalam hal penyediaan sarana dan prasarananya. Di perumahan Bukit PermataPuri Kelurahan Beringin Kecamatan Ngaliyan masih ditemukan banyak sampah yang belum terangkat ke TPS dan dibiarkan begitu saja di depan rumah warga. Tujuan daripenelitian ini adalah menganalisis faktor-faktora pasaja yang berhubungan dengan pengelolaan sampah rumah tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, pendekatan cross sectional, dengan teknik sampling proporsi random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan instrumen berupa kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Rank Spearman.. Sebanyak 53.5% responden berstatus ekonomi tinggi dengan 46.5% berprofesi sebagai PNS dan 83.5% berpengetahuan sangat baik. 67.4% responden memiliki sikap sangat mendukung, 62.8% tokoh masyarakat sangat berperan, 69.8% petugas kebersihan sangat berperan, 65.1% sarana sangat tersedia, dan 51.2% responden jarang melakukan praktik pengelolaan sampah. Ada hubungan antara status ekonomi dan peran tokoh masyarakat dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Perumahan Permata Puri Kelurahan Beringin Kecamatan Ngaliyan Semarang.Tidak ada hubungan antara status pekerjaan, tingkat pengetahuan, sikap, peran petugas kebersihan, ketersediaan sarana dan prasarana dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Perumahan Permata Puri Kelurahan Beringin Kecamatan Ngaliyan Semarang. Saran bagi tokoh masyarakat, perlu dilakukan peningkatan pengawasan, serta pengarahan kepada warga agar lebih peduli terhadap pengelolaan sampah. Bagi petugas kebersihan perlu dilakukan peningkatan kinerja dalam melakukan kegiatan yang mencakup pembersihan, pengangkutan, sertapengelolaansampah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17353

      Actions (login required)

      View Item