UDiNus Repository

RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LOGISTIK VAKSIN BERBASIS WEB UNTUK MENDUKUNG MONITORING VAKSIN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2015

DESTY, DAHLIA EKA (2015) RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LOGISTIK VAKSIN BERBASIS WEB UNTUK MENDUKUNG MONITORING VAKSIN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (318Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pengelolaan logistik vaksin Di Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat masih dilakukan secara manual. Sehingga kendala yang terjadi adalah ketidakakuratan data, menambah beban kerja petugas dan ketidaktepatan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi pengelolaan logistik vaksin berbasis web untuk mendukung monitoring vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas yang terlibat dalam pengelolaan logistik vaksin di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, yaitu kepala instalasi farmasi, petugas vaksin Dinkes Kabupaten dan petugas vaksin Puskesmas. Pengembangan sistem yang digunakan berdasarkan langkah-langkah metode SDLC (System Development Life Cycle). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya sistem informasi pengelolaan logistik vaksin berbasis web maka dapat memudahkan monitoring pendistribusian vaksin ke Puskesmas dan juga memudahkan Puskesmas dalam melakukan proses permintaan dan pelaporan vaksin ke Dinas Kesehatan Kabupaten. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat dan Puskesmas yang termasuk wilayah kerjanya. Agar sistem ini dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat harus menyedikan server dan koneksi internet. Dengan demikian, perlu dilakukan pemilihan hardware dan software yang baik serta evaluasi kinerja sistem secara terus menerus untuk mengantisipasi adanya perubahan – perubahan kebutuhan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17359

      Actions (login required)

      View Item