UDiNus Repository

FAKTOR RISIKO KEJADIAN DIARE DISERTAI DEHIDRASI BERAT PADA ANAK USIA 1-4 TAHUN (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2015 )

AYU, DARMAWATI (2015) FAKTOR RISIKO KEJADIAN DIARE DISERTAI DEHIDRASI BERAT PADA ANAK USIA 1-4 TAHUN (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2015 ). Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (397Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penyakit diare masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting karena merupakan penyumbang utama dari ketiga angka kesakitan dan kematian anak di berbagai negara termasuk Indonesia. Setiap anak mengalami episode serangan diare rata-rata 3,3 kali setiap tahun, kurang dari dua tahun.Hal yang sangat membahayakan diare adalah menyebabkan cairan tubuh terkuras (dehidrasi). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor risiko kejadian diare disertai dehidrasi berat pada anak usia 1-4 tahun (studi kasus di RS.Tugurejo Semarang). Metode Penelitian yang digunakan metode yang digunakan adalah observasional, dengan pendekatan yang digunakan yaitu case control. Populasi penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 1-4 tahun yang dirawat inap di RSUD.Tugurejo, sampel sebanyak 30 kasus dan 30 kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Kemudian di uji statistik menggunakan Chi-square, Ho ditolak jika ?-value> 0,05 dan Ha diterima jika P-value< 0,05. Hasil penelitian menunjukan Tidak ada Hubungan antara kelompok umur balita yang value: 1, jenis kelamin laki-laki P-value :0,176, status gizi kurang P-value: 0,152, responden yang memiliki riwayat penyakit penyerta P-value: 0,0001 menunjukan ada hubungan antara riwayat penyakit penyerta dengan kejadian diare disertai dehidrasi berat, responden yang memiliki riwayat alergi makanan P-value: 0,405, tingkat pendidikan ibu yang rendah P-value:0,554, praktik kebersihan ibu yang kurang P-value: 0,0001 menunjukan ada hubungan antara praktik kebersihan ibu dengan kejadian diare disertai dehidrasi berat, tingkat penghasilan keluarga dibawah UMR P-value:0,292. Penelitian ini menyaranakn diharapkan bagi peneliti agar dapat menjadikan penelitian ini sebagai pengalaman untuk penelitian selanjutnya serta bagi masyarakat agar terus meningkatkan praktik kebersihan terutama pada ibu-ibu yang masih memiliki anak balita dan meningkatkan status gizi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17361

      Actions (login required)

      View Item