UDiNus Repository

Tinjauan Kelengkapan Persyaratan anggota BPJS Pada Pasien BPJS Dinas di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang Periode Triwulan I Tahun 20015

WAHYU, YULIANTI IKA (2015) Tinjauan Kelengkapan Persyaratan anggota BPJS Pada Pasien BPJS Dinas di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang Periode Triwulan I Tahun 20015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (38Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang Merupaka Rumah Sakit yang melayani pasie TNI/POLRI yang merupakan anggota BPJS Kesehatan, tetapi pasien Dinas sering mengabaikan persyaratan berobat, sehingga tidak bias di klaimkan. Berdasarkan survey awal diperoleh 10 dokumen rekam medis Pasien BPJS Dinas rawat inap terdapat 60% tidak lengkap persyaratannya dan 40% lengkap persyaratannya. Dokumen rekam medis yang belum lengkap tersebut dikarenakan pengisian dokumen rekam medis yang belum sesuai dengan kebijakan Rumah Sakit.Kelengkapan dokumen rekam medis di Rumah Sakit Bhakti Wira TamTama Semarang untuk kelengkapan persyaratan pasien BPJS Dinas kurang lengkap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, metode yang digunakan adalah metode observasi langsung. Populasi studi dalam penelitian ini di bagian assembling. Dengan analisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian, dari 97 dokumen rekam medis rawat inap pada pasien BPJS Dinas yang diteliti terdapat angka ketidak lengkapan persyaratan pasien BPJS Dinas persyaratan foto copy BPJS 34 (35.05%) lengkap 63 (62.88%) tidak lengkap. foto copy kartu keluarga 32 (32.98%) lengkap, 65 (67.01%) tidak lengkap. foto copy kartu anggota 38 (39.17%) lengkap, 59 (60.82%) tidak lengkap. foto copy kartu tanda penduduk 24 (24.72%) lengkap, 73 (75.25%) tidak lengkap. ketidak lengkapan tertinggi terdapat pada persyaratan foto copy kartu tanda penduduk. Kesimpulan yang diperoleh adalah ketidak lengkapan tetrtinggi pada fotocopy kartu tanda penduduk dan terkecil pada foto copy kartu tanda anggota. Sehingga disarankan petugas pendaftaran mengingatkan dan menegur kepada pasien agar membawa persyaratan lengkap yang sudah ditetapkan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17370

      Actions (login required)

      View Item