UDiNus Repository

KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PENDAFTARAN RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI TAHUN 2015

MUSTAFIAH, (2015) KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PENDAFTARAN RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (329Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi ruang pendaftaran pasien rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat menjadi satu ruangan, tidak adanya nomor antrian untuk pasien yang akan mendaftar, tidak ada ruang tunggu untuk pasien yang akan mendaftar. Pelayanan petugas meliputi keramahan, kecepatan, informatif, dan ketepatan yang diberikan petugas kepada pasien. Tujuan umum mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan di tempat pendaftaran di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan secara Studi Kasus. Sampel penelitian ini adalah 63 pasien dengan teknik pengambilan Accidental Sampling. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang diberikan kepada pasien dengan didampingi oleh peneliti terutama pasien yang akan atau sudah mendaftar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden jenis kelamin perempuan(71,4%), dengan kelompok umur antara 22-29 tahun(34,9%), memilki pekerjaan sebagai pegawai swasta(42,9%), dan berpendidikan terakhir SMA(39,7%). Sebagian besar jawaban ketidak puasan responden pada pelayanan pendaftaran adalah ketidakpuasan terhadap kenyaman ruang tunggu di tempat pendaftaran(60,3%), dan sebagian besar jawaban ketidakpuasan responden pada pelayanan petugas pendaftaran terdapat pada kemampuan petugas dalam melayani pasien di tempat pendaftaran(30,2%). Diharap kepada pihak Rumah Sakit untuk penambahan nomor antrian, pemberian ruang tunggu, fasilitas, penambahan jumlah tempat duduk, dan kenyamanan ruang tunggu di tempat pendaftaran, Diharapkan petugas memperhatikan kejelasan informasi yang akan disampaikan, kemampuan petugas dalam melayani pasien, dan kecepatan petugas dalam pelayanan lebih ditingkatkan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17381

      Actions (login required)

      View Item