UDiNus Repository

RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN ASUHAN MEDIS BERBASIS ELEKTRONIK DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2015

RAHMAWATI, PUTRI (2015) RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN ASUHAN MEDIS BERBASIS ELEKTRONIK DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (366Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Rumah Sakit Permata Medika Semarang merupakan Rumah Sakit bertipe C plus yang sering merujuk pasien ke Rumah Sakit tipe A dan B. Namun, informasi medis pasien yang diberikan kepada rumah sakit yang dirujuk hanya surat rujukan yang berisi diagnosa penyakit, terapi yang diberikan, dan hasil pemeriksaan penunjang saja. Maka perlu dibuat suatu rancangan sistem informasi pencatatan asuhan medis berbasis elektronik untuk memenuhi kebutuhan tersebut, supaya informasi yang diberikan lengkap dan menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menggambarkan sistem pencatatan asuhan medis berbasis elektronik dengan menggunakan metode pengembangan sistem informasi yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 12 formulir yang memuat data asuhan medis dimana dalam pencatatannya masih menggunakan sistem manual. Dari 12 formulir tersebut akan menghasilkan berbagai laporan yaitu laporan 10 besar penyakit dan tindakan, laporan penyakit tidak menular, laporan kunjungan pasien, laporan maternal dan perinatal, laporan surveilans terpadu, laporan sex transmited disease dan infeksi nosokomial. Banyaknya jumlah formulir menjadi kendala dokter pada saat proses pencatatan, sehingga harapan dokter adalah peneliti mampu menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi pencatatan auhan medis berbasis elektronik yang bisa membantu dan memudahkan dokter dalam pencatatan. Penggunaan komputer sebagi alat bantu sudah diterapkan di rumah sakit tersebut, sistem yang digunakan sudah saling terintegrasi di berbagai bagian seperti TPPRJ, TPPRI, TPPGD, URI, poliklinik, kasir, apotek, dan bagian lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuat suatu rancangan sistem informasi pencatatan data asuhan medis berbasis elektronik di Rumah Sakit Permata Medika Semarang, sehingga upaya yang sebaiknya dilakukan oleh pihak rumah sakit dalam implementasi rekam medis kertas ke rekam medis elektronik adalah adanya komitmen yang baik antar tenaga medis yang bersangkutan dan kepemimpinan yang kuat guna keberhasilan konversi rekam medis, serta kesiapan sumber daya baik tenaga, waktu, dan dana. Kepustakaan : 21 buah (1993-2013)

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17384

      Actions (login required)

      View Item