UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI PENOLAKAN KLAIM BPJS OLEH VERIFIKATOR BPJS DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015

TYAS, ARDHITYA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI PENOLAKAN KLAIM BPJS OLEH VERIFIKATOR BPJS DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (84Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Fungsi dari klaim BPJS adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS dari rumah sakit kepada pihak BPJS, dimana sebelumnya biaya perawatan pasien ditanggung oleh rumah sakit, Dari masalah penelitian di awal masih terdapat unclaimed. berdasarkan masalah diawal yang di lakukan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah di temukan adanya persyaratan yang kurang lengkap dan ketergantungan zat, penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang melatar belakangi penolakan klaim bpjs oleh verifikator bpjs. Penelitiaan ini menggunakan metode wawancara dengan pendekatan cross sectional dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan populasi dari penelitian ini berdasarkan kunjungan pasien BPJS triwulan 1 dari hasil populasi di peroleh sampel 34 unclemed dari 450 yang diajukan ke BPJS. Hasil penelitian dapat dihasilkan bahwa SOP pengajuan klaim sudah ada, akan tetapi masih belum sesuai prosedur, pasien sering tidak membawa persyaratan, keterlambatan proses klaim BPJS terjadi adanya sebagian karna adanya sebagian data yang tidak lengkap, sering terjadi ketidak konsistenan nama pasien serta verifikasi pengajuan klaim sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Disarankan bahwa adanya papan pengumuman tentang syarat-syarat pendaftaran pasien BPJS, adanya pemasangan informasi syarat pendaftaran pasien BPJS di Puskesmas, menyiapkan ceklist kecil untuk pasien yang berisi persyaratan pasien BPJS.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17385

      Actions (login required)

      View Item