UDiNus Repository

ANALISIS PENYEBAB TINGGINYA BEBAN KERJA PETUGAS PENDAFTARAN PASIEN GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TRIWULAN I TAHUN 2015

GHANI, SAJIDAH (2015) ANALISIS PENYEBAB TINGGINYA BEBAN KERJA PETUGAS PENDAFTARAN PASIEN GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TRIWULAN I TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (198Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tempat Pendaftaran Pasien Gawat Darurat (TPPGD) adalah tempat pertama kali pasien dan keluarga pasien dilayani. Berdasarkan survei awal terdapat satu loket pendaftaran yang melayani pendaftaran pasien gawat darurat, melayani pendaftaran RJ poliklinik gigi dan mendaftarkan pasien GD yang akan di rawat inap dan mengakibatkan rata-rata lama pelayanan kepada pasien adalah 6.5 menit/pasien sehingga sebagian pasien merasa tidak puas. Selain itu hambatan proses pendaftaran muncul ketika banyak pasien yang harus didaftarkan tetapi koneksi dari sistem terganggu.Penelitian ini bertujuan menganalisis penyebab tingginya beban kerja petugas pendaftaran di Tempat Pendaftaran Pasien Gawat Darurat Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional.Populasi pada penelitian ini adalah petugas pendaftaran TPPGD yaitu 4 dengan sampel seluruh dari populasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara kepada petugas observasi. Hasil penelitian tentang standar prosedur pelayanan belum spesifik, dari karekteristik petugas adalah lama kerja dan cara atau keterampilan petugas dalam mendaftarkan pasien yang dapat mempengaruhi proses pelayanan di TPPGD dengan keadaan rangkap fungsi dan banyak tugas yang harus dilakukan oleh satu petugas loket pendaftaran, total petugas pendaftaran di TPPGD sebanyak 4 (empat) orang laki-laki semua. Dan untuk uraian tugas petugas pendaftaran semuannya sama, baik GD, RJ dan RI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadinya rangkap fungsi di TPPGD dan standar pelayanan yang kurang spesifik. Disarankan untuk melakukan perbaikan standar uraian tugas dan prosedur agar lebih spesifik, dan Tambahkan petugas khusus untuk mendaftarkan pasien RI untuk mendaftarkan pasien GD yang akan di RI.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17390

      Actions (login required)

      View Item