UDiNus Repository

PERILAKU KEWASPADAAN MASYARAKAT SAAT MELINTASI PERLINTASAN KERETA API PADA PERLINTASAN KASEPUHAN, KABUPATEN BATANG TAHUN 2015

FANESA, YANUAR (2015) PERILAKU KEWASPADAAN MASYARAKAT SAAT MELINTASI PERLINTASAN KERETA API PADA PERLINTASAN KASEPUHAN, KABUPATEN BATANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (374Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan wilayah dengan tingkat perekonomiannya cukup tinggi memiliki pergerakan moda transportasi yang cukup besar. Salah satu jenis transportasi tersebut adalah kereta api yang menjadi salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Data kecelakaan kereta api dari DAOP IV Semarang pernah mencatat kecelakaan di perlintasan Kasepuhan Kab. Batang seperti seorang pejalan kaki tertabrak kereta yang sedang melintas pada 7 April 2014, pengguna sepeda motor yang tertabrak kereta api pada 8 September 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kewaspadaan masyarakat saat melintasi perlintasan kereta api pada perlintasan Kasepuhan Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang bermukim di sekitar perlintasan kereta api non palang pintu di Dukuh Karang Tengah Rt 6, Rt 7 Rw 1, dan perlintasan berpalang di Dukuh Matangan Rt 5 rw 3, Kasepuhan Batang yaitu sebanyak 160 rumah. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional sampling dengan besar sampel yang diambil adalah 61 kepala keluarga sebagai responden dengan metode pendekatan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan antara umur dan pendidikan dengan perilaku kewaspadaan saat melintasi perlintasan kereta api. Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku kewaspadaan saat melintasi perlintasan kereta api serta ada perbedaan perilaku kewaspadaan masyarakat saat melintasi perlintasan kereta api berdasarkan fasilitas penyeberangan di perlintasan berpalang dengan tidak berpalang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk menutup perlintasan yang tidak resmi, menambah rambu-rambu yang belum tersedia sesuai dengan ketentuan, membangun palang pintu untuk perlintasan yang belum berpalang, diharapkan tokoh masyarakat dengan petugas PT. KAI untuk berkomitmen dalam menjaga keselamatan di perlintasan Kasepuhan Kabupaten. Batang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17411

      Actions (login required)

      View Item