UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, USIA DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JATINEGARA TAHUN 2015

AMBAR, WULANDARI (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, USIA DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JATINEGARA TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (337Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Angka kematian bayi menjadi indikator pertama dalam menentukan derajat kesehatan anak karena merupakan cerminan dari status kesehatan anak saat ini. Imunisasi merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat yang sangat penting. Desa Dukuhbangsa dan Desa lebakwangi merupakan 2 desa yang UCI (Universal Childhood Immunization) yang masih rendah di wilayah kerja Puskesmas Jatinegara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan, usia dan tingkat pendidikan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini ibu yang mempunyai bayi 9- 12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia 9- 12 bulan sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder diperoleh dari Kartu Menuju Sehat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian ini sebagian besar responden mempunyai pengetahuan baik 70,4%, responden dengan kategori usia muda 81,6% dan tingkat pendidikan responden sebagian besar rendah 56,1%. Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar (p value = 0,02), tidak ada hubungan antara usia ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar (p value = 0,1) dan ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan kelengkapan imunisasi di wilayah kerja Puskesmas Jatinegara (p value = 0,026). Sehingga disarankan Tenaga kesehatan dapat melakukan promosi kesehatan dengan gencar seperti melakukan pendampingan secara berkala terhadap masyarakat khususnya berkaitan dengan perlunya imunisasi dasar lengkap terhadap bayi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17414

      Actions (login required)

      View Item