UDiNus Repository

ANALISIS PERSEPSI TENAGA KERJA TENTANG DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) AREA SUMUR PRODUKSI (WELLPAD) PT GEO DIPA ENERGI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015

AGRILINDA, YUSI NINDY (2015) ANALISIS PERSEPSI TENAGA KERJA TENTANG DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) AREA SUMUR PRODUKSI (WELLPAD) PT GEO DIPA ENERGI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (527Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT Geo Dipa Energi adalah perusahaan yang menghasilkan listrik dengan memanfaatkan uap panas bumi. Potensi bahaya yang timbul cukup besar sehingga diperlukan pengendalian resiko bahaya. Salah satu upayanya adalah penggunaan alat pelindung diri. Tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi tenaga kerja tentang dukungan manajemen terhadap penggunaan alat pelindung diri PT Geo Dipa Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah para pekerja di area sumur produksi dengan total sampel sehingga berjumlah 31 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat dukungan manajemen terhadap penggunaan APD yaitu kebijakan, program K3, pengawasan, penyediaan APD secara cuma-cuma. Penggunaan APD oleh pekerja sudah sesuai dengan peraturan perusahaan. Kesimpulan penelitian ini yaitu persepsi tenaga kerja tentang dukungan manajamen sudah ada sehingga pekerja meningkatkan penggunaan APD. Saran untuk perusahaan yaitu membuat peraturan tertulis mengenai kewajiban menggunakan APD, melakukan safety brifieng atau sosialisasi K3 terutama tentang penggunaan APD, serta meningkatkan lagi pengawasan kepada pekerja di lapangan dan memberikan kesempatan kepada seluruh pekerja untuk menyampaikan kritik dan saran tentang penggunaan APD melalui kuesioner atau musyawarah pekerja.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17421

      Actions (login required)

      View Item