UDiNus Repository

hubungan antara sarana kerja, lama kerja dan sikap kerja dengan keluhan subyektif nyeri pinggang pada petani di Desa Sidorejo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten tahun 2015

DUWI, ERNAWATI (2015) hubungan antara sarana kerja, lama kerja dan sikap kerja dengan keluhan subyektif nyeri pinggang pada petani di Desa Sidorejo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (261Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sektor pertanian merupakan salah satu jenis pekerjaan yang mempunyai risiko yang tinggi bagi pekerjanya. Kondisi lingkungan yang ekstrim serta cara dan penggunaan teknologi dalam mengelola lahan yang masih tradisional di bandingkan wilayah lain menentukan tingkat kesehatan dan keselamatan petani. Dari survei awal yang dilakukan terhadap beberapa petani didapati bahwa mereka sering mengeluhkan nyeri pada punggung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan sarana kerja, lama kerja dan sikap kerja dengan keluhan subyektif nyeri pinggang pada petani di Desa Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi serta pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasional dan kuesioner. Data primer maupun sekunder diolah dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Pearson Product Moment.. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang dengan teknik sampling total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara sarana kerja, lama kerja dan sikap kerja dengan keluhan subyektif nyeri pinggang (p value >0,05) dan ada hubungan antara umur dengan keluhan subyektif nyeri pinggang (p value < 0,05). Keluhan yang dirasakan dengan kategori ringan 66,7% dan kategori berat 33,3%. Untuk para petani sebaiknya melakukan peregangan sebelum melakukan pekerjaan setiap hari meskipun tidak merasakan nyeri pinggang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17426

      Actions (login required)

      View Item