UDiNus Repository

TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELUHAN KERJA PETUGAS DI BAGIAN LOKET TPPRJ PASIEN UMUM DI RSUD UNGARAN TH 2015

SITI, HARDIYANTI (2015) TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELUHAN KERJA PETUGAS DI BAGIAN LOKET TPPRJ PASIEN UMUM DI RSUD UNGARAN TH 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (73Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Kb) | Preview

      Abstract

      Program Studi D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2015 ABSTRAK Tinjauan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keluhan Kerja Petugas di Bagian Loket TPPRJ Pasien Umum Di RSUD Ungaran Tahun 2015 SITI HARDIYANTI Loket pendaftaran rawat jalan di RSUD Ungaran tidak terdapat lubang komunikasi, tidak ada lubang bicara, dan tidak adanya penyekat atau pembatas pada loket. Sehingga petugas dalam melayani pasien secara langsung yang dapat menyebabkan petugas tertular penyakit atau virus dari pasien. Loket TPPRJ juga sempit sehingga petugas merasa tidak nyaman dalam melayani pasien. Meja loket pendaftaran terlalu tinggi untuk petugas. Tujuan penelitian mengetahui faktor – faktor penyebab keluhan kerja petugas di bagian loket TPPRJ pasien umum di RSUD Ungaran tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan kuesioner terhadap obyek yang diteliti, populasi dalam penelitian ini seluruh petugas TPPRJ yaitu 5 orang petugas. Berdasarkan hasil pengukuran secara ergonomis panjang meja loket tidak sesuai karena lebih panjang dari panjang depa, lebar meja loket sudah sesuai karena jangkauan tangan kedepan lebih panjang dari lebar meja loket, tinggi meja luar tidak sesuai karena karena tinggi meja loket dengan tinggi siku tidak sejajar. Tinggi alas duduk tidak sesuai karena tinggi alas duduk lebih tinggi dari panjang tungkai bawah, panjang alas duduk tidak sesuai karena panjang alas duduk lebih panjang dari panjang tungkai atas, lebar alas duduk tidak sesuai karena lebar alas duduk lebih sempit dari lebar pinggul, tinggi meja dalam tidak sesuai karena meja loket lebih tinggi dari tinggi siku duduk. Hasil pengamatan keluhan petugas terhadap loket dapat diketahui bahwa 100% petugas merasa tidak nyaman dengan tinggi loket TPPRJ di RSUD Ungaran, untuk lebar loket ada 40% petugas merasa tidak nyaman karena jangkauan tangan petugas loket untuk sampai kemeja pasien masih terlalu jauh, 20% petugas merasa tidak nyaman menggunakan loket tanpa lubang bicara. 60% petugas merasa tidak nyaman dengan lebar alas duduk, 100% petugas pernah mengalami gangguan kesehatan dalam melayani pasien di TPPRJ karena tidak adanya penyekat antara petugas dan pasien, 40% petugas merasa tidak nyaman menggunakan loket pendaftaran karena tempatnya terlalu sempit. Berdasarkan hasil penelitian di loket TPPRJ Ungaran panjang loket, tinggi meja luar, tinggi alas duduk, panjang alas duduk, lebar alas duduk, tinggi meja dalam tidak sesuai dengan anthropometri petugas, peneliti memberikan saran tinggi meja loket bagian luar harus disesuaikan dengan antropometri petugas duduk dengan jangkauan tangan kedepan supaya mempermudah kerja petugas.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17431

      Actions (login required)

      View Item