UDiNus Repository

Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Poliklinik RS Bhakti Wira Tamtama Semarang Tahun 2015

VEPRILIA, PRATIWI ANGGI (2015) Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Poliklinik RS Bhakti Wira Tamtama Semarang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (73Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Kb) | Preview

      Abstract

      Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2015 ABSTRAK VEPRILIA ANGGI PRATIWI TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN POLIKLINIK RS BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2015 Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan sesorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk atau jasa yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang . Berdasarkan survey awal yang dilakukan pada saat magang didapati pasien yang komplain terhadap pelayanan poliklinik yang sangat lama. Peneliti melakukan wawancara dengan 10 pasien yang didapat hasil 7 pasien merasa tidak puas dan 3 pasien merasa puas dengan prosentase 70% pasien tidak puas dan 30% pasien puas dengan pelayanan poliklinik di RS Bhakti Wira Tamtama semarang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan poliklinik di RS Bhakti wira Tamtama Semarang tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan melakukan wawancara secara langsung pada pasien. Variabel yang digunakan yaitu Kenyamanan sarana dan prasarana, Hubungan pasien dengan petugas (petugas TPPRJ, perawat, dokter) rumah sakit , Kompetensi teknis petugas (dokter dan perawat) , Biaya , dan Kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kepuasan pasien dilihat dari aspek kenyamanan pasien terhadap sarana dan prasarana sebanyak 20% tidak setuju. Aspek hubungan pasien dengan petugas (petugas TPPRJ, perawat, dokter) rumah sakit merasa tidak puas dengan pelayanan dokter sebanyak 18%. Aspek kompetensi teknis petugas (perawat dan dokter) sebanyak 15% dokter tidak meminta izin terhadap pasien dalam melakukan tindakan. Aspek biaya dirasa kurang terjangkau oleh pasien sehingga sebanyak 13% responden tidak setuju dengan harga yang ditetapkan pihak rumah sakit. Sedangkan pada aspek kepuasan pasien sebanyak 26% responden tidak puas dengan pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan (TPPRJ). Untuk meningkatkan kepuasan pasien perlu dilakukan kerjasama antar petugas rumah sakit Bhakti Wira Tamtama agar pasien merasa puas dengan pelayanan sehingga sesuai dengan harapan yang di inginkan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17433

      Actions (login required)

      View Item