UDiNus Repository

TINJAUAN PENYEBAB ADANYA KETIDAKLENGKAPAN SYARAT KLAIM PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2015

AJENG, TYAS CAHYANING (2015) TINJAUAN PENYEBAB ADANYA KETIDAKLENGKAPAN SYARAT KLAIM PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (99Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Bagian atau unit TPPRI dan URI merupakan tempat pertama kali dikunjungi oleh pasien yang ingin rawat inap. Dengan kata lain TPPRI adalah sebagai salah satu pintu masuk pasien rumah sakit untuk melakukan rawat inap, baik pasien baru ( kunjungan pertama kali ) maupun pasien lama ( kunjungan berikutnya ).Mengingat TPPRI dan URI sama – sama mempunyai peranan yang cukup penting dan strategis dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, maka mutu ataupun kualitas pelayanan harus diperhatikan agar pasien Rumah Sakit merasa senang dan puas atas baiknya pelayanan kesehatan yang diberikan.Tujuan dari penulis dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui penyebab adanya penundaan klaim pasien pengguna program BPJS di URI Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode observarsi dan pendekatan cross sectional study. Dengan metode ini penulis mengitung jumlah DRM dan mengamati penyebab apa saja yang menyebabkan penundaan klaim BPJS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan sampel 68 DRM ( 82% ) yang di serahkan ke BPJS dan 15DRM ( 18% ) yang dikembalikan dari BPJS ke Unit Rawat Inap. Yang terdiri dari 7DRM ( 47% ) dikembalikan karena kurang nama dan nama dokter, 6DRM ( 40% ) dikembalikan karena kurang lengkap isi resume penyakit dibagian riiwayat penyakit, dan 2DRM ( 13% ) dikembalikan karena kurang lengkapnya isi dari hasil operasi. Dari hasil pengamatan beberapa penyebab tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan ketelitian para petugas pada saat memeriksa dokumen.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17434

      Actions (login required)

      View Item