UDiNus Repository

RANCANGAN SISTEM INFORMASI LAPORAN MINGGUAN (W2) KEJADIAN LUAR BIASA UNTUK PENDUKUNG SISTEM KEWASPADAAN DINI DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG TAHUN 2015

ANINDA, ANUARI PUTRI (2015) RANCANGAN SISTEM INFORMASI LAPORAN MINGGUAN (W2) KEJADIAN LUAR BIASA UNTUK PENDUKUNG SISTEM KEWASPADAAN DINI DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (756Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Puskesmas Ngemplak Simongan merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang terletak di bagian barat Kota Semarang tepatnya di Jl. Srinindito IV RT 08 RW I Kelurahan Ngemplak Simongan. Sistem informasi laporan mingguan wabah (W2) yang sedang berjalan di Puskesmas Ngemplak Simongan masih ditulis secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Sehingga dapat mengakibatkan data yang diolah menjadi kurang tepat dan membutuhkan waktu yang cukup lama serta mengakibatkan hasil ouput yang nantinya menjadi laporan yang berbentuk grafik yang nantinya mengakibatkan errornya sistem Microsoft Excel yang digunakan untuk pelaporan di Puskesmas Ngemplak Simongan, semakin banyaknya grafik semakin lama juga loading grafiknya.Tujuan penelitian ini Merancang sistem informasi data laporan mingguan (W2) untuk Sistem Kewaspadaan Dini Laporan mingguan (W2) di Puskesmas Ngemplak Simongan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan research and development penelitian ini bermaksud melakukan penyelidikan dengan menggambarkan obyek/subyek penelitian yang datanya berdasarkan fakta-fakta dengan tidak mengubah data dan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan pengembangan teknologi. Hasil penelitian ini menghasilkan ranacangan sistem informasi laporan kejadian luar biasa mingguan (W2) sebagai sistem kewaspadaan dini yang berisikan laporan mingguan wabah (W2), grafik trend penyakit wabah di Puskesmas Ngemplak Simongan, dimana sistem ini dirancang berdasarkan hasil analisis terhadap sistem yang sudah berjalan. Pencatatan masih menggunakan secara manual dengan Ms.Excel sehingga dibuatkan sistem laporan mingguan (W2) untuk mengurangi terjadinya KLB. Data base dalam sistem yaitu data pasien, data wilayah, data poli, data kunjungan, data penyakit. Sistem Informasi Laporan Mingguan (W2) Kejadian Luar Biasa dapat diterapkan secara terus menerus agar dapat mengurangi terjadinya KLB.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17437

      Actions (login required)

      View Item