UDiNus Repository

Tinjauan Kelengkapan Data Kuantitatif dan Kualitatif pada Dokumen Rekam Medis Pasien BPJS Kasus Sectio Caesaria Periode Triwulan IV Tahun 2014 di RSUD Kota Semarang

MUCHSINAH, KURNIANDARI FEBRINA (2015) Tinjauan Kelengkapan Data Kuantitatif dan Kualitatif pada Dokumen Rekam Medis Pasien BPJS Kasus Sectio Caesaria Periode Triwulan IV Tahun 2014 di RSUD Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (245Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      TINJAUAN KELENGKAPAN DATA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN BPJS KASUS SECTIO CAESARIA PERIODE TRIWULAN IV TAHUN 2014 DI RSUD KOTA SEMARANG KelengkapanDRM sangat penting sebagai penilaian mutu pelayanan juga sebagai sumber data klaim dalam INA-CBGs. Untuk menilai kelengkapan dokumen rekam medis digunakan cara review kuantitatif, kualitatif, ketepatan kode dan kesesuaian kode dengan grouper INA CBGs. Berdasarkan survey awal pada 10 dokumen didapatkan hasil autentikasi sebanyak 100 % lengkap, pencatatan 40% tidaklengkap, pelaporan 30 % tidak lengkap, kualitatif 20% ketidaksesuaian pada pencatatan diagnosa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode observasi. Populasi sebanyak 260 DRM, dengan rumus Slovin didapatkan 71 DRM. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 71 sampel didapatkan hasil dari review kuantitatif pada identifikasi 65 dokumen lengkap (92%), pelaporan 39 dokumen lengkap (55%), pencatatan 57 dokumen baik (80%), autentikasi 62 dokumen lengkap (87%), kelengkapan dan review kualitatif 51 dokumen lengkap (72%), kesesuaian kode ICD dengan INA CBGs 47 dokumen sesuai (66%). Disarankan untuk melakukan sosialisasi lebih lanjut kepada petugas medis dan non medis agar pengisian dokumen rekam medis rawat inap menjadi lebih lengkap.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17441

      Actions (login required)

      View Item