UDiNus Repository

ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN BAYI BARU LAHIR HIDUP DI BAGIAN RAWAT INAP DI RS TELOGOREJO SEMARANG TRIWULAN 1 TAHUN 2015

BENEDICTA, SETYAWATI ANIK (2015) ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN BAYI BARU LAHIR HIDUP DI BAGIAN RAWAT INAP DI RS TELOGOREJO SEMARANG TRIWULAN 1 TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (244Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Kb) | Preview

      Abstract

      Berdasarkan Analisa kuantitatif dan kualitatif Pasien Bayi Baru Lahir hidup di RS Telogorejo. Analisa Kuantitatif di ketahui bahwa 86 % dokumen rekam medis lengkap dan 8 % dokumen rekam medis tidak lengkap. Sedangkan Analisa Kualitatif diketahui bahwa 93% dokumen rekam medis lengkap dan 7% tidak lengkap. Penyebab ketidaklengkapan disebabkan oleh kurang pemahaman tentang analisa kuantitatif dan kualitatif, dampak dari dokumen rekammedis yang tidak lengkap dapat mengakibatkan informasi medis tidak berkesinambungan dan dokumen rekam medis belum bisa di gunakan sebagai alat bukti hukum yang sah bila terjadi tindakan mall praktek. Tujuan ini penelitian ini untuk mengetahui gambaran ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat inap pada Pasien Bayi Baru lahir Hidup periode triwulan 1 tahun 2015 Di RS Telogorejo Semarang. . Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data dengan cara observasi, checklist, melakukan analisa terhadap dokumen rekam medis rawat inap pada pasien bayi baru lahir yang telah diisi. Sampel penelitian adalah 60 dokumen rekam medis rawat inap. Penelitian dokumen rekam medis rawat inap pasien bayi baru lahir di RS Telogorejo Semarang triwulan I tahun 2015 dari sampel 60 dokumen adalah dari review identifikasi 95%, review pelaporan 87%, review pencatatan 93%, review autentifikasi 90% secara kualitatif pada setiap review menunjukkan review kelengkapan dan kekonsistenan diagnosa 98%, review kelengkapan dan kekonsistenan pencatatan diagnosa 98%, review pencatatan hal-hal yang dilakukan saat perawatan dan pengobatan 95%, review adanya informed consent 98%, review cara atau praktek pencatatan 97%, review hal-hal yang berpotensi menyebabkan tuntutan ganti rugi 98%, angka kebandelan dari 60 dokumen yang diteliti dokumen rekam medis yang lengkap 51 dokumen (85%) dan dokumen rekam medis yang tidak lengkap 9 dokumen (15 %). Saran : Petugas assembling lebih teliti dalam pengisian ketidaklengkapan DRM dengan tidak mengerjakan pekerjaan lain, adanya penghargaan /reward yang diberikan kepada petugas assembling untuk meminimalkan ketidaklengkapan DRM, perlunya PROTAP sebagai pedoman dalam pengisian DRM. Kata kunci : analisa kuantitatif dan analisa kualitatif, dokumen rekam medis pada pasien bayi baru lahir hidup Pustaka : 15 ( 1991-2012)

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17446

      Actions (login required)

      View Item