UDiNus Repository

ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN MISSFILE DI BAGIAN FILLING RAWAT JALAN RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2015

ARUM, KURNIAWATI (2015) ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN MISSFILE DI BAGIAN FILLING RAWAT JALAN RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (145Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam rangka penyelenggaraan pelayanan rumah sakit, tertib administrasi merupakan faktor yang menentukan baik buruknya pelayanan tersebut. Kejadian misfile yang mencapai 2,3% mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi pelayanan pasien. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kejadian missfile dan faktor penyebabnya di bagian filling rawat jalan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripti. Objek dari penelitian ini adalah Petugas filling rawat jalan, dokumen rekam medis dan pengendalian missfile di bagian rekam medis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tingkat kejadian misfile, faktor penyebab missfile dari aspek petugas, faktor penyebab missfile dari aspek ketersediaan dana, faktor penyebab missfile dari aspek bahan, faktor penyebab missfile dari aspek alat, faktor penyebab missfile dari aspek metode. Analisa data menggunakan analisa deskriptif. Tingkat kejadian missfile dari hasil pengamatan pada tanggal 10–18 agustus 2015 dari 2347 sampel terdapat 84 dokumen missfile, yang di prosentasekan mencapai 3,57%. Faktor yang mempengaruhi adalah dari aspek petugas, aspek dana, aspek bahan, aspek alat,aspek metode. Untuk meminimalisir tingkat kejadian missfile, Unit rekam medis diharapkan dapat mengadakan evaluasi pengelolaan rekam medis bagian filling rawat jalan, mengadakan pelatihan, mengganti rak filling yang telah rusak, menganggarkan dana untuk bagian filling rawat jalan, untuk meningkatkan sarana dan prasarana bagian filling rawat jalan, menerapkan penggunaan tracer untuk membantu petugas dalam penyimpanan dokumen rekam medis.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17447

      Actions (login required)

      View Item