UDiNus Repository

Analisis Terhadap Perencanaan Program Puskesmas Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan DBD di Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang

SERGIANE, LENDE ORISKA (2015) Analisis Terhadap Perencanaan Program Puskesmas Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan DBD di Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (192Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Kasus DBD di wilyah kerja puskesmas Ngaliyan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Tahun 2011 IR 64,42%, tahun 2012 IR 39,04%, tahun 2013 IR 196,7%, tahun 2014 IR 91,24% dan termasuk daerah KLB (kejadian luar biasa) di Kabupaten Semarang. Program pencegahan dan penanggulangan kasus DBD dilakukan berdasarkan kegiatan-kegiatan sebelumnya, sehingga puskesmas tidak melakukan penyusunan perencanaan kegiatan apabila terjadi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perencanaan program puskesmas dalam upaya pencegahan dan penanggulangan DBD di Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara mendalam dan lembar observasi. Data primer dan sekunder dianalisis dengan metode content analysis. Subjek penelitian 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, perencanaan untuk program pencegahan dan penanggulangan DBD belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari unsur 6M yaitu man, money, methods, materials, minute dan market. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanggungjawab untuk program DBD tidak membuat perencanaan kegiatan untuk program DBD, puskesmas kekurangan tenaga kesehatan terutama tenaga kesehatan untuk epidemiologi, tidak mempunyai metode khusus untuk penyusunan perencanaan, serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang PSN. Peneliti menyarankan kepada responden, untuk penambahan tenaga kesehatan terutama petugas epidemiologi, serta penyuluhan tentang DBD terhadap masyarakat agar lebih intensif lagi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang PSN.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17469

      Actions (login required)

      View Item