UDiNus Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PELAYANAN RUJUKAN VERTIKAL BERJENJANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD KOTA SEMARANG TAHUN 2015

MAYANG, ANJASMARA WAHYU (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PELAYANAN RUJUKAN VERTIKAL BERJENJANG PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (220Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Rumah Sakit merupakan suatu tempat untuk melakukan upaya meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan. Berdasarkan Survey awal yang telah dilakukan di lapangan pada bulan Juli 2015 di dapati bahwa beberapa informasi bahwa adanya pasien yang dirujuk karena adanya keterbatsan Sumber Daya Manusia yaitu tenaga medis dan sarana prasarana yang belum cukup memadai, kemudian untuk Sumber Daya Manusia terutama Petugas Kesehatan yang di Maksud adalah Tenaga Kesehatan yang belum ada untuk penanganan penyakit tertentu. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan Informasi dan gambaran pelaksanaan Sistem Rujukan Vertikal Berjenjang di RSUD Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara mendalam. Data primer dan sekunder di analisis dengan metode Content Anaysis Responden di pilih secara langsung. Subjek penelitian 7 orang, dalam hal ini Informan Utama adalah Pasien BPJS Rawat Jalan Poliklinik Bedah Umum RSUD Kota Semarang, dengan Infroman Triangulasi yaitu Petugas Poliklinik Bedah Umum RSUD Kota Semarang dan Petugas BPJS. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang berpengaruh terhadap pelayanan rujukan vertikal berjenjang di RSUD Kota Semarang adalah karena Sarana dan Prasarana yang belum memadai untuk jenis penyakit tertentu. Untuk disarankan bagi petugas kesehatan dan rumah sakit tetap menjalankan Rujukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku bagi Pasien BPJS Rawat Jalan Poliklinik Bedah Umum agar kualitas pelayanan tetap baik

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17481

      Actions (login required)

      View Item