UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA JENIS KERUPUK (BERMERK DAN TIDAK BERMERK) DENGAN KANDUNGAN ZAT PEWARNA SINTETIS DI PASAR JOHAR SEMARANG TAHUN 2015

DIAH, USINAWATI (2015) HUBUNGAN ANTARA JENIS KERUPUK (BERMERK DAN TIDAK BERMERK) DENGAN KANDUNGAN ZAT PEWARNA SINTETIS DI PASAR JOHAR SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (278Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Zat pewarna adalah bahan tambahan makanan yang dapat memperbaiki atau memberi warna pada makanan. Penambahan warna pada makanan dimaksudkan untuk memperbaiki warna makanan yang berubah atau menjadi pucat selama proses pengolahan atau untuk memberi warna pada makanan agar kelihatan lebih menarik. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara jenis kerupuk (bermerk dan tidak bermerk) dengan kandungan zat pewarna sintetis di Pasar Johar Semarang. Penelitian menggunakan penelitian penjelasan (explanatory research). Data diperoleh berdasarkan hasil uji laboratorium. Sampel dalam penelitian ini adalah 13 sampel kerupuk bermerk dan 13 kerupuk tidak bermerk. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara jenis kerupuk (bermerk dan tidak bermerk) dengan kandungan zat pewarna sintetis menggunakan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 sampel kerupuk bermerek, 4 diantaranya positif mengandung pewarna sintetis kuning FCF/Sunset Yellow dan Tartrazin, 9 sampel tidak mengandung zat pewarna sintetis. Sebanyak 13 sampel kerupuk tidak bermerk yang di teliti menunjukkan bahwa 11 sampel positif mengandung pewarna sintetis Kuning FCF/Sunset Yellow, Tartrazin, Ponceau 4R, Biru Berlian, dan Karmoisin, 2 sampel tidak mengandung zat pewarna sintetis. Bahwa ada hubungan antara jenis kerupuk (bermerk dan tidak bermerk) dengan kandungan zat pewarna sintetis di Pasar Johar Semarang. (p = 0,015). Masyarakat hendaknya lebih cermat dan teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, dalam hal ini adalah kerupuk agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17490

      Actions (login required)

      View Item