UDiNus Repository

PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU PRODUK PELL DEVEINED (PD) MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PADA PT. DUA PUTRA UTAMA MAKMUR

MUHAMAD, ROHMAN ARIF (2015) PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU PRODUK PELL DEVEINED (PD) MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PADA PT. DUA PUTRA UTAMA MAKMUR. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (315Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Semakin berkembangnya dunia industri, persaingan antar perusahaan juga semakin ketat, dengan meningkatkan kualitas produk dan harga yang murah adalah salah satu cara untuk memenangkan persaingan dan memuaskan konsumen, selain itu ketepatan waktu untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan perusahaan. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen pada waktu yang tepat, perusahaan harus memiliki sistem produksi yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sistem yang efektif dan efisien tentu diperlukan perencanaan dan pengendalian produksi yang baik dengan sistem Material Requirements Planning (MRP). Dengan menerapkan sistem tersebut diharapkan dapat mengatasi masalah perencanaan dan pengendalian bahan baku pada perusahaan. Dengan sistem MRP menggunakan Teknik lot sizing yang terdiri dari teknik Lot For Lot, Fixed Period requirement, dan Period Order Quantity. Dari analisa yang sudah dilakukan didapattkan hasil, bahan baku udang menggunakan teknik Lot For Lot dengan biaya terendah sebesar Rp. 779.000, bahan baku iner menggunakan teknik Period Order Quantity dengan biaya terendah sebesar Rp. 288.250, bahan baku MC menggunakan teknik Period Order Quantity dengan biaya terendah sebesar Rp. 162.400. Dengan tabel MRP tersebut dapat mengetahui berapa jumlah persediaan akhir tiap hari, tiap minggu, dan tiap bulan, berapa jumlah pemesanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan produksi, dan kapan pemesanan itu dilakukan sesuai dengan lead time tiap-tiap bahan baku.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17523

      Actions (login required)

      View Item