UDiNus Repository

PERANCANGANALAT PENUANG DAN TEMPAT PAKAN AYAM LOKAL MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN METODE QFD UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN BIAYA DAN WAKTU

CHERLI, IRMINAWATI (2015) PERANCANGANALAT PENUANG DAN TEMPAT PAKAN AYAM LOKAL MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN METODE QFD UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN BIAYA DAN WAKTU. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (409Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Saat ini usaha peternakan ayam masih menghadapi permasalahan, salah satunya adalah biaya pakan yang dibutuhkan terlalu besar, sehingga diperlukan penekanan biaya pembelian pakan. Sebesar 60-70% dari modal kerja yang tersedia, biaya pakan merupakan proporsi terbesar dalam usaha peternakan. CV.Septi Gemilang merupakan salah satu contoh usaha peternakan ayam lokal yang memiliki kondisi permasalahan dengan masih tradisionalnya alat bantu yang digunakan sebagai alat penuang dan tempat pakan yang biasa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan perancangan alat penuang dan tempat pakan ayam lokal melalui pendekatan Model Kano dan QFD (Quality Function Deployment). Dimana hasil yang diperoleh melalui Model Kano menyatakan bahwa dari 13 atribut yag ada tersisa 12 atribut yang memiliki pengaruh terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen yang selanjutnya diolah kembali untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap target spesifikasi desain alat yang dirancang melalui metode Quality Function Deployment (QFD). Alat penuang dan tempat pakan memiliki harga pokok produksi sebesar Rp 1.077.825,00 dengan harga jual sebesar Rp 1.239.499,00. Setelah melakukan implementasi selama 6 hari di CV.Septi Gemilang, alat penuang dan tempat pakan ayam baru dapat menekan pemborosan sebesar 87% dengan nilai sebesar Rp 461.500 hingga masa panen tiba (20 hari) atau dengan kata lain peternak yang biasanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 6.500.000,00, hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 6.038.500,00 hingga selesai panen.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17528

      Actions (login required)

      View Item