UDiNus Repository

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU OBAT COPARCETIN KID COUGH SYRUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) BERBASIS SISTEM INFORMASI PADA PT. SAMPHARINDO PERDANA

RAFIKA, S ROCHIMATUS (2015) PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU OBAT COPARCETIN KID COUGH SYRUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) BERBASIS SISTEM INFORMASI PADA PT. SAMPHARINDO PERDANA. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (581Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT. Sampharindo Perdana Semarang merupakan industri yang bergerak dalam bidang farmasi, yang salah satu produk terlaris adalah Coparcetin Cough Kid Syrup 60 ml. Perusahaan membutuhkan suatu perencanaan bahan baku supaya produksi dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Perencanaan bahan baku sangat berpengaruh terhadap jalannya produksi. Masalah dalam penelitian ini mengenai persediaan bahan baku, dimana terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku. Oleh karena itu dibutuhkan pula suatu sistem informasi yang diharapkan dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku dapat dilakukan dengan tepat dan penentuan biaya persediaannya dapat ditetapkan seoptimal mungkin yaitu melalui penerapan MRP.Variabel penelitian dalam hal ini adalah perencanaan persediaan bahan baku. Sumber data berasal dari sumber internal perusahaan.Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan datasekunder perusahaan tempat penelitian dilakukan.Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah wawancara dan dokumentasi perusahaan.Teknik analisis yang dilakukan yaitu MRP (Material Requirements Planning), dan analisis sistem.Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Lot Sizing Lot for Lot untuk setiap bahan baku Coparcetin Cough Kid Syrup 60 ml pada PT. Sampharindo Perdana Semarang dapat meminimalkan biaya total persediaan apabila dibandingkan denganmetode Lot Sizing Part Period Balancing dan Algoritma Wagner Within selain itu perancangan sistem informasi PPIC yang baru sangat diperlukan manajer agar dapat dengan cepat mengambil keputusan yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17532

      Actions (login required)

      View Item