DAVID, KUSUMA ANDRIATNA (2015) PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) PADA PT. RESTOMART CIPTA USAHA (PT. NAYATI GROUP) SEMARANG. Skripsi,Fakultas Teknik.
| PDF Download (365Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Di dalam era globalisasi, sektor industri memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kualitas produk semata-mata ditentukan oleh konsumen sehingga kepuasan konsumen hanya dapat dicapai dengan memberikan kualitas yang baik, karena di PT Restomart sering terjadi banyak komplain konsumen terhadap produk yaitu dalam 1 tahun terakhir sebesar 1957 komplain konsumen dari 96177 total produk yang datang. Metode Quality Control Circle (QCC) adalah metode yang dipakai untuk mengatasi masalah tersebut, tujuannya adalah untuk mengendalikan mutu produk dan mengurangi jumlah produk yang mengalami defect terkait banyaknya komplain konsumen. Setelah dilakukan pengamatan pada proses Quality Control didapatkan 15 jenis defect yang sering terjadi adalah jenis cacat B/U dengan jumlah defect sebanyak 418 pcs, diikuti jenis defect penyok sebanyak 263 pcs, blaret sebanyak 157 pcs, cuil sebanyak 139 pcs, retak sebanyak 136 pcs, dan berkarat sebanyak 124 pcs. SOP baru dibuat sebagai pedoman atau acuan saat melakukan cek Quality Control pada produk, agar kualitas pengecekan yang dihasilkan baik dan tidak ada barang defect yang lolos dari pengecekan saat proses QC sedang berjalan. Dan hasil dari perbaikan dengan SOP yang baru terbukti bisa menurunkan persentase total komplain konsumen dari 1,63% turun menjadi 1,20% dari jumlah komplain konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri T Technology > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 11:33 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 11:33 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17539 |
Actions (login required)
View Item |