UDiNus Repository

PENGHITUNGAN COST OF GOODS PRODUCT DENGAN METODE FULL COSTING GUNA MENGOPTIMALKAN LABA BAGI UMKM ICE CREAM FIRDA DI SEMARANG JAWA TENGAH

RIF, ATIKAH ATUL (2015) PENGHITUNGAN COST OF GOODS PRODUCT DENGAN METODE FULL COSTING GUNA MENGOPTIMALKAN LABA BAGI UMKM ICE CREAM FIRDA DI SEMARANG JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (379Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAKSI Harga pokok produksi merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Harga pokok produksi adalah semua pengorbanan yang dilakukan perusahaan untuk memproduksi suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan harga pokok produksi dengan metode full costing dan mengevaluasi perbedaan penetapan harga pokok produksi berdasarkan metode full costing serta penggunaan metode joint cost. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan jenis data menggunakan data primer dan sumber data diperoleh dari UMKM Ice Cream Firda. Adapun tempat penelitian ialah di UMKM Ice Cream Firda. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif berupa informasi biaya produksi bulan November 2014. Hasil perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing dan joint cost menghasilkan jumlah yang berbeda untuk biaya-biaya setiap produk dimana harga pokok produksi dengan metode full costing lebih rendah yaitu Rp. 16.952.406, sedangkan menurut perhitungan perusahaan sebesar Rp. 17.877.300. selisih disebabkan karena perusahaan belum mengidentifikasi dan menghitung seluruh biaya, oleh karena itu disarankan sebaiknya menggunakan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing karena dapat mengidentifikasi biaya-biaya yang mendukung proses produksi lebih tepat dan akurat dalam menghitung harga pokok produksi dan sebaiknya menggunakan biaya penyusutan dalam penghitungan harga pokok produksinya. Hal ini dilakukan karena biaya penyusutan merupakan elemen yang penting dalam menghitung biaya overhead pabrik, sehingga perhitungan harga pokok produksi akan lebih akurat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17565

      Actions (login required)

      View Item