UDiNus Repository

ANALISIS PENGARUH DER, ROA, PBV, ROE DAN FIRM SIZE TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER) PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2012

LIDIA, KRISTIYANI (2015) ANALISIS PENGARUH DER, ROA, PBV, ROE DAN FIRM SIZE TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER) PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2012. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (427Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penilaian saham bertujuan untuk mengetahui prospek masa depan perusahaan. Analisis rasio yang dapat digunakan adalah PER. Rasio ini sering digunakan oleh investor untuk menilai kewajaran harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh debt to equity ratio (DER), return on asset (ROA), price to book value (PBV), return on equity (ROE) dan firm size terhadap price earning ratio (PER) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 -2012. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 22 perusahaan yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji F dan uji t menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian secara simultan menjelaskan bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PER. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa price to book value (PBV) berpengaruh positif dan signifikan sedangkan debt to equity ratio (DER), return on asset (ROA), return on equity (ROE) dan firm size tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap price earning ratio (PER). Koefisien determinasi diperoleh 0,205 yang berarti 20,5% dari PER dipengaruhi oleh variabel independen dimana sisanya 79,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17582

      Actions (login required)

      View Item