UDiNus Repository

PENENTUAN HARGA POKOK TARIF KAMAR HOTEL MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI PENDEKATAN BARU PADA HOTEL SEGORO JEPARA

PARAMITA, INDRASWARI (2015) PENENTUAN HARGA POKOK TARIF KAMAR HOTEL MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI PENDEKATAN BARU PADA HOTEL SEGORO JEPARA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (273Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Metode Activity-Based Costing System adalah sebuah metode yang menerapkan konsep akuntansi biaya untuk menentukan harga dengan lebih akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perhitungan harga pokok tarif kamar hotel dengan menggunakan metode sederhana dan menggunakan metode Activity-Based Costing System. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu analisis harga pokok tarif kamar hotel tahun 2013, menetapkan metode biaya berdasarkan Activity-Based Costing System, kemudian membandingkan harga pokok tarif kamar hotel berdasarkan metode Activity-Based Costing System dengan realisasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan harga pokok tarif kamar hotel dengan menggunakan metode Activity-Based Costing System, apabila dibandingkan dengan harga pokok tarif kamar yang digunakan pihak hotel maka metode Activity-Based Costing System memberikan hasil yang lebih besar untuk semua tipe kamar, yaitu kamar Family I sebesar Rp 193.051, kamar Family II sebesar Rp 407.569, kamar Deluxe sebesar Rp 38.133, kamar Executive sebesar Rp 37.462, kamar Bisnis sebesar Rp 85.615, dan kamar Ekonomi Rp 107.102. Hal ini disebabkan karena pada metode Activity-Based Costing System, biaya overhead masing-masing produk dibebankan pada banyak cost driver sehingga metode Activity-Based Costing System telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas. Dari kesimpulan yang ada peneliti memberikan saran agar Hotel Segoro Jepara sebaiknya mempertimbangkan perhitungan harga pokok tarif kamar hotel berdasarkan metode Activity-Based Costing System dan tetap mempertimbangkan faktor eksternal lainnya, seperti harga tarif pesaing dan kemampuan membayar (daya beli) tamu hotel yang memengaruhi penetapan harga.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17591

      Actions (login required)

      View Item