UDiNus Repository

PENERAPAN COST OF GOODS PRODUCTION BABY SHOES DENGAN MENGGUNAKAN JOB ORDER COSTING METHOD PADA UKM LITTLE E-NICE SEMARANG

LUCIA, AVERINA (2015) PENERAPAN COST OF GOODS PRODUCTION BABY SHOES DENGAN MENGGUNAKAN JOB ORDER COSTING METHOD PADA UKM LITTLE E-NICE SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (230Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4043b) | Preview

      Abstract

      Pentingnya menentukan harga pokok produk karena semakin meningkatnya persaingan antar perusahaan yang terjadi dalam memproduksi produk dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau sehingga konsumen lebih tertarik dengan produk tersebut. Penelitian ini dilakukan di UKM Little E-nice yang memproduksi sovenir ulang tahun dan pernikahan, penulisan ini berfokus pada bulan Agustus 2014 dengan produk baby shoes. Permasalahan yang diangkat pada skripsi ini adalah bagaimana perhitungan harga pokok produk di UKM berdasarkan job order costing method. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan job order costing method. Perhitungan harga pokok produksi perhitungan UKM sebesar Rp 12.375.673 dengan Rp 10.169 harga per unit. Sedangkan perhitungan job order costing sebesar Rp 12.851.334 dengan Rp 10.559 harga per unit. Selisih kedua perhitungan tersebut sebesar Rp 475.661 dengan Rp 390 harga per unit. Perbedaan ini disebabkan oleh UKM Little E-nice dalam membebankan biaya penolong ke dalam biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja serta UKM tidak melakukan perhitungan overhead pabrik. Penulis memberikan saran kepada UKM sebaiknya dalam penyusunan harga pokok produk menggunakan perhitungan metode full costing dan dalam pembebanan biaya overhead pabrik UKM menghitung dan memahami konsep harga pokok produksi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17604

      Actions (login required)

      View Item