UDiNus Repository

PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN ETIKA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI PADA AUDITOR PEMERINTAH DI BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH)

AYU, PRIYANSARI (2015) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN ETIKA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI PADA AUDITOR PEMERINTAH DI BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (431Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pengawasan intern sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintah untuk mendorong terwujudnya pemerintahan yang bersih, selain itu mendukung penyelenggaraan pemerintah yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai salah satu pelaksana tugas pengendalian intern pemerintah yang mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keuangan dan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. BPKP dalam melaksanakan kegiatannya dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu audit, konsultasi, asistensi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bukti empiris pengaruh kompetensi, independensi, dan etika auditor terhadap kualitas audit, studi pada auditor pemerintah di BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (data primer) pada auditor pemerintah yang disebar kepada 58 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian casual (hubungan sebab dan akibat). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didalamnya terdapat Uji Reliabilitas dan Validitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas dan Autokorelasi), Uji Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji F dan t), dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi, independensi, dan etika auditor berpengaruh terhadap kualitas audit. Secara parsial hanya kompetensi yang tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan independensi dan etika auditor berpengaruh terhadap kualitas audit. Peningkatan kualitas audit diperlukannya adanya kompetensi, yaitu pengalaman dan pengetahuan, independensi, dan etika auditor.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17615

      Actions (login required)

      View Item