UDiNus Repository

ANALISA PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BEBERAPA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (STUDI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2003-2013)

SEVIKA, DEWI RANITA (2015) ANALISA PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BEBERAPA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (STUDI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2003-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (270Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Akuisisi merupakan salah satu ekspansi antara dua perusahaan atau lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja keuangan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi. Tipe penelitian ini adalah komparatif. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan beberapa rasio keuangan rasio profitabilitas, rasio leverage, rasio aktivitas, dan rasio pasar/ investasi. kinerja keuangan tersebut menggunakan 8 rasio keuangan seperti current ratio, net profit margin, return on investment, return on equity, debt equity ratio, total asset turnover, earning per share dan return saham. waktu pengamatan dalam penelitian ini adalah 3 tahun sebelum akuisisi hingga 5 tahun sesudah akuisisi. penelitian ini mengambil 15 sampel perusahaan pengakuisisi yang terdaftar di BEI dengan pendekatan purposive sampling. teknik analisa perbandingan yang digunakan adalah paired sample t test dan wilcoxon signed rank test. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa kinerja keuangan perusahaan tidak semua mengalami peningkatan yang signifikan, namun sesudah akuisisi pada umumnya mengalami peningkatan dibandingkan sebelum melakukan akuisisi. terdapat peningkatan signifikan pada variabel EPS pada pengujian antara 2 tahun sebelum dengan 1 tahun sesudah, variabel DER dan return saham pada pengujian antara 1 tahun sebelum dengan 5 tahun sesudah, variabel ROE dan EPS pada pengujian antara tahun periode akuisisi dengan 1 tahun sesudah akuisisi. variabel ROE dan DER pada pengujian antara tahun periode akuisisi dengan 5 tahun sesudah akuisisi. variabel ROI pada pengujian antara 1 tahun sebelum akuisisi dengan tahun periode akuisisi, variabel NPM pada pengujian antara 2 tahun sebelum dengan tahun periode akusisi. kesimpulan dari penelitian ini bahwa hasil dari strategi akuisisi akan tampak baik hasilnya dalam waktu jangka panjang.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17627

      Actions (login required)

      View Item