UDiNus Repository

ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 45 PADA GEREJA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) KERTANEGARA SEMARANG

TANTRI, PUTRI SOFYANA (2015) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 45 PADA GEREJA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) KERTANEGARA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (36Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3875b) | Preview

      Abstract

      Penyusunan laporan keuangan organisasi nirlaba telah di atur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 45. Penelitian dilakukan pada Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kertanegara Semarang yang merupakan salah satu jenis organisasi nirlaba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis laporan keuangan Gereja pada tahun 2013, apakah telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 45. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan analisis deskriptif kualitatif tanpa bantuan alat pengolah data dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakteristik yang khas dari objek yang diteliti. Dalam hal ini data yang digunakan merupakan data yang didapat dari laporan keuangan gereja huria kristen batak protestan (HKBP) Kertanegara Semarang Tahun 2013. Dari hasil analisa dan pengolahan data, diketahui bahwa penyusunan laporan keuangan pada Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kertanegara Semarang belum menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 45, Gereja menyusun laporan keuangannya sesuai dengan Tata Dasar dan Peraturan Gereja. Gereja hanya menyajikan laporan keuangan dalam bentuk laporan realisasi keuangan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17634

      Actions (login required)

      View Item