UDiNus Repository

PENGARUH PENILAIAN KESEHATAN BANK TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM DENGAN UNIT SYARIAH DI INDONESIA

MAYA, MAILASARI HENI (2015) PENGARUH PENILAIAN KESEHATAN BANK TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM DENGAN UNIT SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (254Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Bank Syariah adalah bank yang kegiatan usahanya menerapkan sistem bagi hasil. Semakin berkembangnya perbankan syariah menunjukkan bahwa prinsip bagi hasil menjadi daya tarik bagi investor untuk menggunakan jasa perbankan syariah, khususnya untuk produk deposito. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA) , Return On Equity (ROE), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap tingkat bagi hasil pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan Bank Umum Syariah periode 2009-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 Bank Umum Syariah di Indonesia. Setelah melewati tahap purposive sampling, terdapat 3 sampel Bank Umum Syariah yang layak digunakan yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Mega Syariah, BRI Syariah dan Bank Syariah Bukopin. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel. Sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji autokorelasi, uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROA dan variabel BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat bagi hasil pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Sedangkan variabel ROE, variabel NIM dan variabel CAR berpengaruh signifikan terhadap tingkat bagi hasil pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi manajemen Bank Umum Syariah dalam mengelola perusahaan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17654

      Actions (login required)

      View Item