UDiNus Repository

PERHITUNGAN COST OF GOODS MANUFACTURED SEBAGAI DASAR PENENTU HARGA JUAL MENGGUNAKAN FULL COSTING METHOD (STUDI KASUS PADA UMKM MIE BASAH PAK TAMAN)

HILDA, PASTARINA WARINGGA (2015) PERHITUNGAN COST OF GOODS MANUFACTURED SEBAGAI DASAR PENENTU HARGA JUAL MENGGUNAKAN FULL COSTING METHOD (STUDI KASUS PADA UMKM MIE BASAH PAK TAMAN). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (356Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3627b) | Preview

      Abstract

      Perhitungan harga pokok produksi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam menentukan harga jual produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana perbedaan perhitungan harga pokok produksi mie basah antara metode perusahaan dengan metode full costing dan pengaruhnya terhadap harga jual. Penelitian ini dilakukan di UMKM Mie Basah Pak Taman. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Metode analisis data berdasarkan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing dan penentuan harga jual menggunakan metode cost plus pricing. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan perhitungan harga pokok produksi antara metode perusahaan dengan metode full costing, serta terdapat perbedaan perhitungan harga jual antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing. Perbedaan ini diakibatkan perusahaan belum tepat dalam menentukan komponen biaya overhead pabrik.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17667

      Actions (login required)

      View Item