UDiNus Repository

ANALISIS PENERIMAAN PAJAK PENERANGAN JALAN DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PATI TAHUN 2009 - 2013

OCTAVIANA, WIJAYANTI (2015) ANALISIS PENERIMAAN PAJAK PENERANGAN JALAN DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PATI TAHUN 2009 - 2013. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (491Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3751b) | Preview

      Abstract

      Pendapatan Asli daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak penerangan jalan termasuk di dalam pajak daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan kontribusi pajak penerangan jalan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pati 2009-2013 berdasarkan realisasi dan target. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder adalah data yang berasal dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pajak penerangan jalan Kabupaten Pati tahun 2009-2013 rata-rata sebesar 108,43%. Hal ini berarti bahwa penerimaan pajak penerangan jalan Kabupaten Pati termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan rata-rata kontribusi pajak penerangan jalan terhadap pajak daerah tahun 2009-2013 sebesar 13,38% termasuk dalam kategori kurang sekali. Hal ini disebabkan karena PAD tidak hanya dipengaruhi oleh pajak penerangan jalan saja tetapi juga dipengaruhi oleh hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan yang dipisahkan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17670

      Actions (login required)

      View Item