UDiNus Repository

PENGARUH BANK SIZE, LDR, CAR, PERTUMBUHAN GDP DAN LAJU INFLASI TERHADAP NON PERFORMING LOAN PADA BANK EMITEN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2010-2012

MARIA, VIONITA MEIKA (2015) PENGARUH BANK SIZE, LDR, CAR, PERTUMBUHAN GDP DAN LAJU INFLASI TERHADAP NON PERFORMING LOAN PADA BANK EMITEN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2010-2012. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (235Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Banyaknya bank yang dilikuidasi tersebut memang risiko yang harus ditanggung, yang menyebabkan kerugian bagi bank tersebut. Salah satu risiko yang terjadi dilikuidasi adalah risiko kredit yang tercermin dalam besarnya rasio kredit bermasalah atau Non Perfoming Loan (NPL). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh bank size, LDR, CAR, pertumbuhan GDP dan laju inflasi terhadap Non Performing Loan pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2010 - 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010 – 2012 sebesar 32 perusahaan. Berdasarkan teknik pengambilan sampel purposive samping, yaitu teknik dengan pertimbangan tertentu, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 31 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji asumsi klasik. Berdasarkan dari uji asumsi klasik yang telah dilakukan, tidak ditemukan adanya penyimpangan. Hal tersebut menunjukkan bahwa data yang tersedia memenuhi syarat untuk dilakukan uji regresi linier berganda. Dan dari hasil uji regresi linier berganda menunjukan hasil Bank Size,CAR,Pertumbuhan GDP dan Laju Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Non –Performing Loan, sedangkan untuk LDR berpengaruh tidak signifikan terhadap Non- Performing Loan. Prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap NPL sebesar 18,2% sedangkan sisanya sebesar 81,2% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17697

      Actions (login required)

      View Item