UDiNus Repository

Analisis Tindak Tutur Ilokusi yang Memberikan Efek Humor Kepada Pembaca Dalam Manga Azumanga Daioh Volume 1 Karya Azuma Kiyohiko

FEBRYAN, ARIEFANDI (2015) Analisis Tindak Tutur Ilokusi yang Memberikan Efek Humor Kepada Pembaca Dalam Manga Azumanga Daioh Volume 1 Karya Azuma Kiyohiko. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
Download (1665Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3762b) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud daya dan makna tindak tutur ilokusi untuk memberikan efek humor dalam manga Azumanga Daioh Volume 1 karya Azuma Kiyohiko. Data penelitian ini adalah tuturan para tokoh yang diasumsikan merupakan tuturan tindak tutur ilokusi pada manga Azumaki Daioh Volume 1. Data tersebut kemudian dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan teori tindak tutur ilokusi Searle. Selain itu data tersebut juga dianalisis berdasarkan teori prinsip kerja sama Grice untuk dicari pelanggaran maksim pada prinsip kerja sama. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur ilokusi pada manga Azumanga Daioh Volume 1 dikategorikan menjadi lima daya ilokusi yaitu asertif "mengakui", "menyatakan", dan "berspekulasi", direktif "memerintah" dan "melarang", ekspresif "mengkritik", komisif "menawarkan", dan deklaratif "memutuskan". Tuturan ilokusi tersebut juga melanggar maksim pada prinsip kerja sama yaitu maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Tindak tutur ilokusi juga berperan sebagai penunjang pengungkapan humor dalam tuturan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang
      Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang
      Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:51
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:51
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17715

      Actions (login required)

      View Item