UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKTERATURAN BEROBAT PADA PENDERITA TBC YANG MENDAPATKAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG TAHUN 2014

UMU, KULSUM (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKTERATURAN BEROBAT PADA PENDERITA TBC YANG MENDAPATKAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (350Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penyakit Tuberkulosis merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis). Besarnya angka ketidakpatuhan berobat akan mengakibatkan tingginya angka kegagalan pengobatan penderita TB paru. Dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan ketidakteraturan berobat pada penderita TB paru yang mendapatkan pengobatan di puskesmas Bandarharjo. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain case control stud yyang menelaah hubungan antara efek (penyakit atau kondisi kesehatan) tertentu dengan faktor risiko. Data primer maupun sekunder diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan uji alternatif sfisher exact. Dengan sampel 34 pasien TB paru yang teratur berobat dan 34 pasien TB paru yang tidak teratur berobat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran PMO dengan ketidakteraturan berobat pada penderita TB paru dengan (p value = 0,002) dengan Odds ratio 5,018, CI= 1,792- 5,593, artinya penderita TB paru yang memiliki peran PMO kurang baik beresiko 5 kali lebih besar untuk tidak teratur dalam menjalankan pengobatan. Dan pada variabel jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, peran petugas TB paru tidak terdapat hubungan. Bagi pasien untuk lebih memperhatikan terhadap pencegahan dan pengobatan TB Paru dan untuk Puskesmas agar memberikan penyuluhan secara rutin baik kepada penderita maupun keluarga penderita TB paru sebagai upaya penambahan pemahaman terkait penyakit TB paru.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17763

      Actions (login required)

      View Item