UDiNus Repository

Hubungan Antara Posisi Duduk dan Intensitas Penggunaan Komputer Dengan Keluhan CVS ( Computer Vision Syndrome ) Pada Pegawai Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang Tahun 2015

RISKA, SOANDE VALENTINE (2015) Hubungan Antara Posisi Duduk dan Intensitas Penggunaan Komputer Dengan Keluhan CVS ( Computer Vision Syndrome ) Pada Pegawai Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (494Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penggunaan komputer diseluruh dunia mengalami peningkatan dari waktu kewaktu. Dengan adanya komputer, pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Namun penggunaan komputer juga memberikan efek terhadap kesehatan. Gangguan kesehatan lain yang paling banyak dilaporkan akibat pengguna komputer adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan yang disebabkan karena penggunaan komputer, oleh The American Optometric Association dinamakan Computer Vision Syndrome (CVS). Bidang Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang merupakan seksi monitoring dan pelaporan, seksi data dan informasi, serta seksi analisa dan pengembangan. Sarana kerja menggunakan sistem komputerisasi secara keseluruhan. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan posisi duduk dan intensitas penggunaan komputer terhadap keluhan gangguan CVS (Computer Vision Syndrome) pada Pegawai Monbang Dinas Pendidikan Kota Semarang Tahun 2015. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan Cross Sectional, dimana peneliti melakukan pengambilan data sampel dengan observasi dan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel bebas dan terikat adalah dengan uji Rank Spearman. Sampel dan populasi yang digunakan yaitu sebanyak 24 orang berdasarkan jumlah keseluruhan populasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Rank Spearman menunjukan bahwa tidak ada hubungan posisi duduk terhadap keluhan CVS pada pegawai Monitoring dan Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Semarang (r = 0,089, p-value 0,678 > 0,05) dan tidak ada hubungan intensitas penggunaan komputer terhadap keluhan CVS pada pegawai Monitoring dan Pengembangan Dinas pendidikan Kota Semarang (r = -0,078, p-value 0,716 > 0,05). Kepada pegawai dalam bekerja menggunakan komputer sebaiknya untuk jarak mata ke monitor ? 50 cm. Relaksasi yang baik untuk dilakukan pegawai adalah relaksasi berjalan. Relaksasi mata 10-20 menit selama 2 jam bekerja agar mata tidak menjadi lelah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17777

      Actions (login required)

      View Item