UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI(APD)PADA KOMUNITAS PEMULUNG KELURAHAN MUKTIHARJO LOR KEC.GENUK SEMARANG TAHUN 2016

FANI, FRISPITAWATI (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI(APD)PADA KOMUNITAS PEMULUNG KELURAHAN MUKTIHARJO LOR KEC.GENUK SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Para pemulung sampah mempunyai potensi risiko yang cukup besar dalam pekerjaannya saat mengambilan sampah. Setiap hari pemulung bekerja dengan sampah sehingga salah satu upaya untuk mengurangi terjadinya kecelakaan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) pada komunitas pemulung Kelurahan Muktiharjo Lor Kec.Genuk Semarang Tahun 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti sebanyak 39 pemulung. Teknik sampling yang digunakan accidental sampling (sampling kebetulan). Analisis data menggunakan uji statistik rank spearman. Hasil penelitian diketahui sebagian besar pekerja adalah perempuan (69.2 %), pendidikan paling banyak adalah tamat SD (56.4 %), pengetahuan tentang alat pelindung diri (APD) cukup rendah (64.1%), sikap tentang alat pelindung diri memiliki sikap positif (59.0%) dan perilaku penggunaan alat pelindung diri memiliki perilaku yang rendah (35.9%). Tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pemakaian alat pelindung diri pada pemulung. Disarankan kepada pemulung tentang penggunaan alat pelindung diri yang baik dan benar yang digunakan adalah masker, sarung tangan dan sepatu boot untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17923

    Actions (login required)

    View Item