UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PETANI DI DUSUN LENDOH DESA LEBAN KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015

SUSAN, KURNIANINGSIH (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PETANI DI DUSUN LENDOH DESA LEBAN KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak diinginkan dan tidak diketahui kapan terjadinya, tetapi dapat dicegah. Dusun Lendoh adalah salah satu Dusun di Desa Leban yang angka kejadian kecelakaan kerjanya paling banyak diantara Dusun yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada petani di Dusun Lendoh Desa Leban Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei analitik pendekatan cross sectional dimana pengukuran variabel bebas dan variabel terikat dilakukan secara bersamaan. Uji Rank Sperman digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami kejadian kecelakaan kerja paling sering adalah terpeleset (52,9%), terkena cangkul (38,2%), terjatuh (35,3%), terkena sabit (32,4%), dan yang paling jarang terjadi adalah terkena alat pembajak sawah (14,7%). Kejadian kecelakaan kerja tersebut sering meninggalkan bekas luka pada tubuh yaitu dengan persentase 67,6%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara umur dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p= 0,494, tidak ada hubungan antara lama kerja dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p=0,270, tidak ada hubungan antara penggunaan APD dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p= 0,538, tidak ada hubungan antara beban kerja dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p=0,172, ada hubungan antara faktor kimia dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p = 0,000, tidak ada hubungan antara faktor biologi dengan kejadian kecelakaan kerja nilai p=0,117. Saran bagi para petani sebaiknya lebih memperhatikan tentang kesehatan dan keselamatan dalam bekerja dengan menggunakan alat pelindung diri saat bekerja sehingga dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17930

    Actions (login required)

    View Item