UDiNus Repository

FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN BALITA DI KELURAHAN GENUK WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN TAHUN 2015

ISKA, TYAS NURMANING (2016) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN BALITA DI KELURAHAN GENUK WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kegiatan Posyandu balita yang dilaksanakan secara rutin oleh Puskesmas adalah bentuk kegiatan yang dapat menaikkan angka kesehatan balita dengan adanya penimbangan, imunisasi dan lainnya. Tingkat kunjungan ibu dalam mengikuti kegiatan posyandu masih rendah di Kelurahan Genuk wilayah kerja Puskesmas Ungaran yaitu 63%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kunjungan ibu ke Posyandu balita guna mendapatkan pelayanan kesehatan untuk balita. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai balita di Kelurahan Genuk wilayah kerja Puskesmas Ungaran. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan besar sampel yang diambil adalah 75 ibu sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan kunjungan ibu datang ke Posyandu p-value 0.043 . Tidak ada hubungan antara sikap dengan kunjungan ibu datang ke Posyandu p-value 0.028. Tidak ada hubungan antara kepercayaan dengan kunjungan ibu datang ke Posyandu p-value 0.348 serta tidak ada hubungan antara motivasi dengan kunjungan ibu datang Posyandu p-value 0.570. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pihak Puskesmas bisa memberikan edukasi yang menarik kemauan ibu untuk hadir de Posyandu, dengan meningkatkan pengetahuan ibu berupa penyuluhan dan program PMT yang dapat dilakukan oleh para kader yang bertugas di Posyandu tersebut yaitu di wilayah kelurahan Genuk Ungaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17946

    Actions (login required)

    View Item